Materi Office Application merupakan paket training dari modul-modul Ms. Word, Ms. PowerPoint dan Ms Excel yang paling banyak dipergunakan dalam pekerjaan sehari-hari. Mulai dari manajemen file, pembuatan aneka surat dan format naskah – baik untuk keperluan pribadi ataupun untuk keperluan dinas. Pembuatan pelaporan dalam bentuk tabel-tabel dan perhitungan-nya secara praktis. Mulai dari perhitungan sederhana sampai kepada analisa statistik dan keuangan serta visualiasi data dalam bentuk grafik.
Tujuan
Setelah mengikuti program Skill Up training Office Application ini, peserta diharapkan memiliki kemampuan:
- Menggunakan Sistem Operasi Windows untuk mengorganisir dokumen sesuai keperluan secara lebih efisien
- Menggunakan aplikasi pengolah kata (Word Processor) secara baik, benar dan praktis, dengan memanfaatkan lebih dari 80% menu yang ada di dalam Microsoft Word.
- Menggunakan aplikasi lembar kerja elektronik (Spreadsheet) secara baik, benar dan praktis, dengan memanfaatkan lebih dari 80% menu yang ada di dalam Microsoft Excel.
- Menggunakan aplikasi Ms. PowerPoint secara baik, benar dan praktis, dengan memanfaatkan lebih dari 80% menu yang ada di dalam Microsoft PowerPoint.
- Lebih mampu mengembangkan struktur formula dalam mengolah data Spreadsheet, menganalisa hasil perhitungan dan membuat pelaporan data secara lebih efektif dan efisien.
Untuk mencapai tujuan tersebut, semua pelatihannya dirancang dalam bentuk pemecahan kasus dalam pekerjaan sehari-hari (by project).
Siapa yang seharusnya mengikuti?
- Para praktisi perkantoran yang sehari-hari banyak bekerja menggunakan komputer untuk mengorganisir dokumen, membuat laporan, naskah, tabel dan perhitungan secara praktis.
- Pelajar, Mahasiswa dan umum ataupun para pencari kerja yang ingin menguasai Aplikasi Perkantoran menggunakan Microsoft Office dengan cepat dan profesional.
Prasyarat
Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari training ini maka para peserta sebaiknya:
- Bisa berfikir logis dan sistematis.
- Berkeinginan keras untuk dapat menggunakan komputer dalam pekerjaan sehari-hari.
- Memiliki pengetahuan tentang manajamen file dan direktori.
- Memiliki pengetahuan tentang kebutuhan aplikasi bisnis dan perkantoran populer.
Pilihan Program Office Application – Skill Up
Microsoft Office Complete
(Durasi : 24 Jam ; Biaya : Rp. 2.000.000)
- Pengenalan Sistem operasi Ms. Windows atau Linux (desktop, shortcut, file manager, konsep folder, copy, paste, rename, delete, cut, move, multitasking, screensaver, password, run, find/search)
- Penggunaan Pengolah kata secara komprehensif (File, Format, Insert, Edit, Window, Merge, Help)
- Penggunaan SpreadSheet secara terpadu (jenis-jenis data, aneka format cell, fungsi logika, fungsi spreadsheet, fungsi string, aplikasi database, fungsi statistik, grafik, pivot table, printing dan setup page).
- Pengantar presentasi, komponen yang diperlukan dalam membuat slide presentasi (text, suara, image, video, animasi), autolayout, pembuatan slide standard ,print & setup handout.
Microsoft Office Advanced
(Durasi : 20 Jam ; Biaya : Rp. 2.000.000)
- Pengaturan sistem operasi untuk mendukung rutinitas pekerjaan kantor (Setup Printer, File & Print Sharing, Add/Remove Programs, User & password, Permission, Regional Setting, Taskbar Properties, Themes Editing)
- Pengolahan dan analisa dokumen lebih mendalam (Document Template, Export Word to PDF & Web, Convert text to table, convert table to text, Tabel Repeat as Header row at the top of each page, Merge & Split Table, Convert PDF to text, Table Autoformat, Format Picture, Group & Un-group, Flip, Import data from spreadsheet, paste special, track & change document, insert file, insert comment, document password, Text watermark, heading, page & Paragraph style, page number format, page break, table of contents, Captions, Table of Figure, Insert Index, edit & update, section break, Find & Replace, AutoCorrect, Mail Merge, If Then else, Label, Envelope, Printing Options)
- Pengolahan, analisa hasil perhitungan dan teknik pembuatan laporan yang lebih efektif dan efisien (Logical Function, String, Spreadsheet, Ampersand, Transpose, Conditional Formatting, Import & Export Data, CSV, Txt, PDF to SpreadSheet, Text to Columns, Chart & Pivot Table, Data Validation, Time Function, Countif, Sumif, Set Print Area – Row/Columns to Repeat at Top, Header & Footer, Page Number, Scalling Mode, Page Order)
- Pengaturan slide presentasi sehingga dapat mendukung presentasi yang menarik dan profesional (Slide Master Modification, Insert Audio & Video, Hyperlink, Action at Mouse Click, Setup Slide Show, Slide Transition, Animation, Save As PDF & Webpage)
Microsoft Office Professional
(Durasi : 40 Jam ; Biaya : Rp. 3.500.000)
- Microsoft Word Standard + Advance (10 jam)
- Microsoft Excel Standard + Advance (16 jam)
- Microsoft Powerpoint Standard + Advance (8 jam)
- Uji Kompetensi (6 jam)
Microsoft Excel Standard
(Durasi : 10 Jam ; Biaya : Rp. 950.000)
- Pengenalan data dalam Excel
- Aneka format cell
- Fungsi logika dasar
- Fungsi spreadsheet standart
- Fungsi database
- Fungsi statistik
- Grafik, printing dan setup page.
Microsoft Excel Advanced
(Durasi : 8 Jam ; Biaya : Rp. 950.000)
- Menentukan format data.
- Mengatur tampilan tabel dan halaman.
- Menggunakan berbagai rumus untuk menghitung data.
- Mengolah basis data sederhana (filter, sort, data validation, subtotal, pivot, what if analysis).
- Pembuatan grafik data.
- Pengolahan, analisa hasil perhitungan dan Teknik pembuatan laporan yang lebih efektif dan efisien.
Business Intelligence with Ms Excel
(Durasi : 24 Jam ; Biaya : Rp. 2.400.000)
Kecerdasan bisnis atau Business Intelligence (BI) adalah sekumpulan proses, teknologi, dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan, mengintegrasikan, menganalisis, dan menyajikan data yang bermanfaat dalam mendukung pengambilan keputusan bisnis. Dengan BI, perusahaan dapat mengubah data mentah menjadi informasi yang bermakna dan dapat ditindaklanjuti, sehingga mempermudah pemahaman tren pasar, perilaku konsumen, dan performa internal bisnis.
- Statistik / Aggregate (sum, min, max, average, count, counta, sumif, sumifs, countif, countifs, dsum, dmin, dmax, dcount, sort, filter dan subtotal, conditional formatting).
- Chart/Grafik (Insert Chart, Chart Type, Chart properties).
- Pivot (Pivot Table, Pivot Chart, Relationship Table, Power Pivot).
- What-IF Analysis (Scenerio Manager, Goal Seek, Data table)
- Dashboard (Slicer, Timeline).
- Power Query (DAX (Data Analysis Expressions, Cleansing, Transforming, Shaping, Combining).
Kecerdasan bisnis (BI) pada dasarnya adalah serangkaian alat dan proses yang digunakan orang untuk mengumpulkan data, mengubahnya menjadi informasi yang bermakna, lalu mengambil keputusan yang lebih baik. Di Office 365 Enterprise, Anda memiliki kemampuan BI yang tersedia di Excel dan SharePoint Online. Layanan ini memungkinkan Anda mengumpulkan data, memvisualisasikan data, dan berbagi informasi dengan orang-orang di organisasi Anda melalui beberapa perangkat.
Data Analysis Using MS Excel
(Durasi : 24 Jam ; Biaya : Rp. 2.300.000)
Analisis data menjadi penting bagi perusahaan saat ini karena membantu bisnis maupun organisasi dalam membuat keputusan yang berdasarkan data. Keputusan-keputusan yang berdasarkan data terbukti membantu perusahaan untuk maju, meningkatkan efisiensi dan profit serta mencapat tujuan organisasi. Selain itu analisis data penting untuk memahami permasalahan pada sebuah perusahaan dan menemukan solusinya. Data akan menjadi semakin bermanfaat dan berarti karena dapat memberikan informasi yang berguna untuk perusahaan.
- Pengenalan MS Excel
- Import Data dan Merapikan Data
- Pengenalan Pivot Tables
- Analisis Data menggunakan Pivot Tables
- Melakukan Spreadsheet What-If Analysis
- Analisis Data Menggunakan Goal Seeking dan Solver
Microsoft Excel Macro
(Durasi : 16 Jam ; Biaya : Rp. 3.500.000)
- Mengenal Microsoft Excel Macro
- Menu dan Fungsi pada Microsoft Excel Macro
- Membuat Macro Sederhana
- Menjalan Macro
- Operasi Dasar Macro
- Mengelola data dengan Macro
- Jenis-jenis File Excel untuk menyimpan Macro
- Mengenal Visual Basic Application
- Komponen Visual Basic Application
- Variabel dan Tipe data
- Fungsi dan Kotak Pesan
- Operator, Module, Looping dan Flow Control
- Error Handling dan Error Function
Microsoft Excel Dashboard
(Durasi : 16 Jam ; Biaya : Rp. 1.750.000)
Dashboard pada Excel memiliki kegunaan yang dapat memudahkan kamu untuk menampilkan data secara visual melalui grafik, tabel, maupun diagram. Tak hanya itu, dashboard dalam excel juga memudahkan kamu untuk memantau kinerja suatu proyek, bisnis, atau aktivitas tertentu dengan lebih mudah.
- Fungsi statistik / aggregate
- Fungsi Chart/Grafik
- Fungsi Pivot
- Fungsi Dashboard
Microsoft Excel Profesional
(Durasi : 16 Jam ; Biaya : Rp. 1.750.000)
- Pengenalan data dalam Excel
- Aneka format cell
- Fungsi logika dasar
- Fungsi spreadsheet standart
- Fungsi database
- Fungsi statistik
- Grafik, printing dan setup page
- Menentukan format data
- Mengatur tampilan tabel dan halaman
- Menggunakan berbagai rumus untuk menghitung data
- Mengolah basis data sederhana (filter, sort, data validation, subtotal, pivot, what if analysis)
- Pembuatan grafik data
- Pengolahan, analisa hasil perhitungan dan Teknik pembuatan laporan yang lebih efektif dan efisien
Ms. Project
(Durasi : 16 Jam ; Biaya : Rp. 2.100.000)
- Pengenalan menu dan fasilitas
- Menentukan tanggal mulai, mendefinisikan keterangan dan menyimpan dan proteksi file proyek
- Membuat mubtask, membuat outline mumber, milestone dan constraint
- Mengatur Format Teks dan Sel, Hubungan antar daftar tugas (task)
- Mengatur delay, overlap dan deadline
- Membuat, mengalokasikan, dan melengkapi resource
- Mengatur kalendar Kerja
- Mengelola biaya berbagai bentuk resouces dan task
- Membuat baseline
- Memonitoring pelaksanaan proyek
- Memperbarui actual start dan actual finish
- Mengisi prosentase pekerjaan
- Membuat berbagai bentuk report
- Menyimpan file project dalam format Lain
Untuk Diketahui:
Menguasai sistem operasi, aplikasi Wordprocessor, Spreadsheet dan Presentasi dengan baik, berarti sebagian pekerjaan Anda telah Anda lakukan secara lebih efisien