Schedule

Silahkan Tentukan dan Lihat Program Trainingnya

Mikrotik : Sejarah, Pengertian, Fungsi, Cara Setting Mikrotik, dan manfaatnya

Mikrotik adalah sistem operasi berbasis linux yang menggunakan komputer sebagai router jaringan sehingga mempermudah user menggunakan layanan internet dari perangkat mana saja. Mikrotik di desain untuk mudah digunakan untuk keperluan administrasi jaringan komputer seperti merancang dan membangun sebuah sistem jaringan komputer seperti di warnet.

Internet yang berada di warnet menggunakan teknologi Mikrotik sehingga pemilik warnet dapat mengelola jaringan internet melalui satu komputer yang kemudian dapat dibagikan ke komputer lain.

Baca Juga : Cara Instalasi Mikrotik OS Virtual

Tempat Kursus Networking

 

Bagi anda yang belum terlalu paham  apa itu Mikrotik, Pada artikel kali akan membahas seputar apa itu Mikrotik, sejarah, Pengertian, fungsi, cara setting, hingga manfaatnya.

Dulunya, Mikrotik sebuah perusahaan kecil yang berkantor di pusat negara Latvia, dan dibentuk oleh John Trully serta Arnis Riekstins. Sekitar tahun 1966, mereka berdua memulai dengan sistem operasi Linux dan MS DOS yang dikolaborasikan dengan teknologi berbasis wireless (nirkabel) LAN atau WLAN Aeronet yang berkecepatan hingga 2 Mbps di Moldova.

Awalnya, melayani lima pelanggan baru di Latvia. Seiring berjalannya waktu, prinsip dasar dari mikrotik bukan membuat wireless ISP (Internet Service Provider)  lagi. Akan tetapi, dapat membuat program router yang andal dan dapat dijalankan di seluruh negara.

Mikrotik adalah sistem operasi berbasis software yang memanfaatkan komputer sebagai router suatu jaringan. Mikrotik juga menggunakan sistem operasi berbasis Linux dan menjadi dasar network router.  Sebagian besar layanan Mikrotik ini dipakai oleh perusahaan yang memberikan layanan pembuatan jaringan komputer. Sistem operasi ini sangat cocok untuk membangun administrasi jaringan komputer yang berskala kecil hingga besar.

Mikrotik ini memiliki perbedaan dibandingkan dengan sistem operasi jaringan yang lama. Teknologi tersebut memiliki keunggulan dalam fitur wireless, sehingga tidak heran bila teknologi tersebut mampu menjadi perangkat sistem operasi yang ringan. Berkat keunggulan itu juga ada banyak instansi maupun perkantoran yang memanfaatkan Mikrotik.

Mikrotik memiliki berbagai fitur yang dibuat untuk jaringan IP dan jaringan nirkabel, cocok digunakan oleh ISP, penyedia hotspot dan warnet. Mikrotik menggunakan sistem operasi Linux untuk dijadikan dasar network router.

Salah satu dari keunggulan mikrotik adalah sistem wirelessnya yang dapat memudahkan pengguna software dalam menyediakan serta mendistribusikan layanan internet ke jenis perangkat lainnya.

Namun, hingga saat ini masih banyak orang yang salah dalam memahami pengertian dari Mikrotik dan router. Jadi singkatnya, Mikrotik adalah sebuah sistem operasi, maka router merupakan perangkat keras yang berfungsi sebagai penghubung antara dua jaringan atau lebih.

Sedikit penjelasan singkat mengenai proses menghubungkan Mikrotik dengan jaringan.

  1. Pertama, kamu perlu mengkonfigurasi IP Address, default route, NAT Masquerade, DNS server, DHCP server, dan bridging.
  2. Lakukan proses tersebut secara berurutan mulai dari mengatur IP address pada interface yang terhubung dengan ISP.
  3. Lalu, masukkan IP dan lakukan test PING pada gateway atau alamat IP dari ISP. Caranya, cukup buka sebuah menu terminal dan masuk pada mode Command Line Interface.
  4. Lakukan tes PING kembali dan masukkan IP addres-nya.
  5. Lakukan konfigurasi pada default route dengan gateway alamat IP.
  6. Kamu bisa membuka kembali terminal untuk menguji koneksi internet dan cobalah atur DNS server dari Google.
  7. Terakhir, ketikkan alamat IP dan centang checkbox yang bertuliskan “allow”, dan uji kembali dengan melakukan test PING pada semua URL yang ada.
  1. Konfigurasi jaringan
  2. memberikan sistem otentikasi
  3. berperan sebagai hotspot
  4. untuk pengelolaan sistem jaringan internet
  5. Pembuatan PPPoE server
  6. memisahkan bandwith traffic international dan local dan lainnya.

kami akan menjelaskan terkait dengan manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari penggunaan mikrotik untuk membangun sistem administrasi jaringan secara virtual dengan efektif dan efisien.

  1. Sebagai Internet Gateway pada Jaringan Lokal
  2. Penghubung Antar Jaringan (Routing)
  3. Sebagai Access Point

Kebutuhan akan internet menjadi hal yang sangat lumrah untuk ditemui pada kehidupan masyarakat di era teknologi digital saat ini. Banyak sekali opsi atau cara untuk membuat konfigurasi sistem operasi jaringan pada perangkat komputer. Mikrotik adalah salah satu cara untuk dapat mengembangkan paket layanan internet agar dapat digunakan dalam berbagai perangkat komputer yang tersedia.

Singkatnya, pengertian Mikrotik adalah sebuah sistem operasi serta perangkat lunak yang digunakan dalam mengubah suatu perangkat komputer menjadi sebuah router jaringan.

Selain membahas pengertian Mikrotik, di artikel ini juga membahas mengenai jenis dan fungsi dari mikrotik sendiri.

Itulah informasi lengkap mengenai Mikrotik. Ternyata banyak sekali fungsi dan manfaat Mikrotik itu! (FNS/DSH)

NF ACADEMY
Digital Training Solutions

Artikel

Contact Us

Nurul Fikri Academy Training Center
Jl. Lenteng Agung Raya No. 20C Srengseng Sawah – Jagakarsa, Jakarta Selatan 12640

© 2023 Nurul Fikri Academy. All Rights Reserved Owned by PT Nurul Fikri Cipta Inovasi